Kamis, 22 November 2012

HAKIKAT PENDIDIKAN

HAKIKAT PENDIDIKAN
         Pendidikan adalah Suatu Proses pembelajaran yang Terkait Ruang dan waktu, yang sudah membudaya dalam masyarakat sebagai alat atau kekuatan dalam mencapai peranya di masa yang akan datang . Pendidikan Sendiri sudah berlangsung sejak jaman pra rsejarah , manusia berkumpul mendiskusikan dan membahas apa yang akan di makan ataupun perjalanan -perjalanan selanjutnya, itu adalah contoh kehidupan Pendidikan pada zaman prasejarah.
        Di dalam Masyarakat sendiri Pendidikan sudah menjadi Kebudayaan . Ketika anak sudah menginjak usua 4 -5 Tahun , Orang tua sibuk untuk mendaftarkan anaknya ke Playgroup atau Taman Kanak -kanak . mereka yakin bahwa Pendidikanlah yang akan membawa anaknya dalam kesuksesan di masa depan. Karena Peran Pendidikan adalah :
1. Mengembangkan Seluruh Kemampuan Aspek manusia dalam aspek Intelektual, Emosional,Spritual, maupun Fisik.
2. Sebagai alat atau Kekuatan yang dominan untuk menunjang Peran seseorang di masa yang akan datang.
3. Meningkatkan dan mengembangkan Potensi, Minat, dan bakat seseorang untuk mengembangkan ketrampilan -ketrampilan yang dimiliki oleh peserta didik.
      Pasti Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya , mereka menginginkan anaknya untuk belajar di sekolah favorit, kadang mereka tidak sadar akan kemampuan yang di miliki seorang anak, sebenarnya pendidikan seorang anak bukan di landaskan pada di mana ia belajar namun bagaimana siswa belajar dan kesadaran yang di lakukan untuk menggapai cita- citanya.Oleh sebab itu orang tua hendaknya benar- benar memilihkan sekolah yang sesuai dengan Kemampan dan Potensi yang di miliki agar si anak meraskan terbebani dalam kegiatan pembelajaran .
    Dan sebagaimana , dengan tema yang kita bahas yaitu Hakikat Pendidikan , perlu kalanya kita juga dapat memehami arti dari suatu pendidikan .
Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 adalah 
1 . Usaha Sadar dan Terencana maksud dari Usaha Sadar dan Terencana bahwa sebuah Pendidikan adalah Pendidikan tidak boleh asal -asalan , Pembelajaran harus mempunyai Tujuan dan terkonsep.
2. Menciptakan Proses pembelajaran yaitu pembelajaran haruslah mengacu pada konsep, di sini guru berperan sangat penting . 
3. Meningkatkan potensi pesrta didik. dalam pendidikan selain pembelajaran seharusnya peserta didik juga di bekali ketrampilan dan pelatihan yang sesuai dengan bakat .dan minat peserta didik.untuk menunjang kehidupan masa depan pesrta didik.
      Oleh sebab itu kita sebagai pelajar kita harus sadar akan harapan orang tua untuk memberikan fasilitas pendidikan kepada kita karena mereka berharap anak -anaknya menjadi orang yang berperan dalam masa depannya. kita harus sadar bahwa pendidikan juga akan menunjang masa depan kita.
     "Semakin Merunduk Padi semakin Berisi " Janganlah kita sombong jika kita tak Berilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar